Friday, October 27, 2017

MANUSIA DAN HASRAT INGIN TAHU. 
Manusia memiliki pengetahuan, binatang dan tumbuhanpun juga memilii pengetahuan.
bagaimana dengan malaikat?jelas. malaikatpun juga mempunyait pengetahuan. lalu apa bedanya manusia dengan mahluk tyhan yang lain?
Bedanya, jika pada mahluk selain manusia pengetahuannya bersifat statis, dari masa kemasa seperti itu aja. sejak zaman purba hingga sekarang burung dan lebah jika membuat sarang atau rumah tidak mengalami perubahan.
Sarang lebah dari zaman dahulu hingga sekarang ya seperti yang kita lihat saat ini.
Tetapi pengetahuan yang dimiliki manusia bersifat dinamis, terus berkembang dari zaman ke zaman, karena manusia mempunyai kemampuan mencerna pengalaman, merenung, merefleksikan, dan meneliti dalam upaya memahami lingkungan.
Kemampuan-kemampuan yang dimiliki manusia disebabkan manusia dibekali akal dan ratio oleh tuhan dalam rangka berfikir.Dengan akalnya manusia memiliki rasa ingin tau.
Manusia mempertanyakan hal-hal yang dipikirkannya dan mencari segala bentuk jawaban dari apa yang dipikirkannya.Proses mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul inilah yang disebut dengan proses berfikir.

Menurut Francis Bacon akal manusia mempunyai tiga macam daya:
1.Ingatan menciptakan sejarah
2.Imajinasi menciptakan puisi
3.Fikiran menciptakan filsafat, filsafat sendiri dibagi menjadi 3 yaitu filsafat tentang tuhan atau teologi, filsafat tentang alam atau kosmologi, dan filsafat tentang manusia/antropologi.
Load disqus comments

0 comments