Monday, October 2, 2017

Panduan Mudah Masuk Dunia Filsafat - Sinau Filsafat

SYARAT BELAJAR FILSAFAT

Sinau Filsafat - Kali ini akan membagikan sedikit Panduan/tips yang dirasa akan bermanfaat bagi kalian yang ingin masuk kedalam dunia filsafat. Karna memang banyak orang yang memulai belajar filsafat namun masih belum menyiapkan diri untuk masuk dunia filsafat. Tak panjang lebar, karena tak mau bertele-tele, mari kita langsung ke prosedur berikut ;



Pertama, Belajarlah menjadi seorang Pemula, yakni; Pemula dalam segala hal termasuk pemula dalam mengetahui hidup ini, seperti kamu baru lahir. Hanya mereka yang merasa pemula dapat merasa heran bahwa dunia ini ada, mereka ada, Tuhan ada, dan seterusnya. Menjadi Pemula dalam segala hal berarti melihat segalanya seolah-olah untuk pertama kalinya melihat, maka reaksi yang akan muncul adalah keheranan. Milikilah pandangan " mata anak"  yang heran melihat segala sesuatu. Filsafat bermula dari rasa heran semacam ini.

Kedua, jangan percaya begitu saja terhadap apapun, seperti percaya bahwa dunia itu ada. Akal sehat mengatakan bahwa matahari yang uncul setiap pagi itu ada lepas dari kesadaran kita. Namun filsafat mempersoalkan apakah benda di luar pikiran kita itu sungguh-sungguh berada di luar pikiran atau merupakan konstruksi/pantulan pikiran kita. Kontroversi rumit bin jlimet aliran-aliran filsafat dapat disederhanakan ke pertanyaan seperti ini.

Ketiga, Carilah titik pangkal dari segala sesuatu yang kamu alami/ketahui. Manakah yang lebih dahulu antara, buah apel dan pikiran anda tentang buah apel? Pertanyaan ini sulit untuk di jawab, seperti pertanyaan tentang "dahuluan mana antara ayam dan telurnya?" Namun dalam filsafat anda harus memilih salah satu, maka anda akan menemukan posisi anda dalam menjelaskan segala sesuatu. Itu jugalah yang dilakukan oleh berbagai aliran filsafat.

Keempat, Hindarilah pandangan mata dekat, apa maksudnya?.... Mata dekat adalah cara memandang tidak secara keseluruhan, sehingga kalian tidak mengetahui elemen-elemen yang membentuk objek pandangan. Maka hindari itu dan upayakan untuk memiliki pandangan Mata jauh.

Akhirnya, jika anda masih belum merasa jelas, maka anda harus melatih, bacalah buku-buku filsafat, Film gendre Filsafat, atau tanyakan pada pakar filsafat. Namun membaca tulisan ini adalah salah satu latihan. Selamat berlatih dan selamat jalan, dihimbau untuk tetap ingat jalan pulang !

" Beberapa buku harus dicecap, yang lain ditelan, dan beberapa yang jumlahnya sedikit harus dikunyah dan dicerna." [F.Bacon] [Panduan Mudah Masuk Dunia Filsafat]
Load disqus comments

0 comments